Contoh Skenario Filem pendek untuk proses penyutingan

Skenario filem pendek

    Dalam membuat sebuah film tentunya membutuhkan naskah sebuah cerita filem, karna didalam naskah terdapat semua adegan yang telah dicatat dan mengandung isi latar cerita..

skenario filem pendek
nah sobat kebetulan sekali  Pada kesempatan kali ini admind akan berbagi Pengetahuan kepada sobat tentang sebuah contoh Film pendek, nah filem pendek ini merupakan hasil dari admin di waktu sekolah Smk, pasti penasarankan, ok langsung saja admin membahasnya, Simak baik-baikya sobat:






Judul Film (sebagai contoh)

Tersadar

Crew
Sutradara    : . . . . . . . . . . .
Produser    : . . . . . . . . . . .
Cameraman    : . . . . . . . . . . .
Editor        : . . . . . . . . . . .
Segmen    :. . . . . . . . . . .
Duration    :. . . . . . Menit
    Pemeran:
Nama Casting        Peran
. . . . . . . . . . .        :Peran utama
. . . . . . . . . . .        :Protagonis
. . . . . . . . . . .        :Antagonis
. . . . . . . . . . .        :Tirtagonis

Synopsis

Di ceritakan di suatu tempat dimana hidup beberapa anak muda yang mempunyai sifat dan kepribadian yang sebenarnya baik namun karna kurangnya perhatian dari orang tua,factor ekonomi pergaulan yang bebas mereka terpengaruh dan berlaku jahat,,, mereka ada yang menjadi pencuri,penjambret,pecandu narkoba, tapi sesungguhnya mereka mempunyai sifat yang baik,,,hingga suatu saat mereka menyadari apa yang telah mereka lakukan selama ini salah,,, karna mereka yang tadinya baik menjadi jahat dan akhirnya merekapun kembali ke jalan yang benar…

Tersadar

TAKE 1

Scane1

Pagi hari di rumah alex....(zoom out pemandangan)

Scane2

Alex: ayah,, ibu,,(memanggil kedua orang tua dengan wajah bingung) masih sepagi ini mereka udah pada berangkat kerja aku itu butuh mereka bukan semua harta ini buat apa kalau ada harta tapi aku tidak bahagia dengan semua ini(duduk di kursi ruang tamu) (MCU)
Pembantu datang membawakan minuman dan sarapan pagi untuk alex(FS)
Pembantu:(sambil membawa nampan berisi makanan untuk sarapan) ini den,sarapanya... (FS)
Alex:taruh aja di meja bik nanti saya makan(sambil melihat kea rah meja)(MEDIUM)
Pembantu:(sambil meletakan makanan di meja) baik den (MEDIUM)
 Setelah pembantu kembali ke dapur alex pun masuk ke kamarnya untuk berganti pakaian lalu pergi dari rumah untuk kumpul bareng teman-temanya

TAKE2 

Sementara itu si alex yang sedang sedih karna ibu dan bapaknya pergi lain halnya dengan andre yang sedang sibuk mengurusi ibunya yang sedang sakit

Scane1

 Andre:(menyiapkan sarapan untuk ibunya) ya allah hanya ada tempe goreng satu dan nasi satu piring ini aja sisa kemarin,, mana aku laper banget,,tapi gak papa lah buat ibu aja biar ibuk cepet sembuh(MCU)(berjalan menuju kamar sang ibu)(PANING)

Scane2

Andre:(masuk lalu duduk di samping ibu)bu, ini makan dulu biar ibu cepet sembuh,,(sambil membangunkan ibu yang sedang tertidur)(MEDIUM)
Ibu:(terbangun lalu melihat kearah andre) eh iya nak,, (CU)
Andre:(membantu ibu duduk)
Ibu:makasih nak (MCU)
Andre:(mengambil piring yang tadi di taruh)(FULL SHOT PIRING) iya buk sama-sama udah kewajiban andre untuk mengurus ibu,, ni buk makan bulu, tapi maaf ya buk Cuma ada tempe sama nasi aja,,,(sambil menyerahkan piring ke ibu) (MCU)
Ibu:(menerima piring)iya nak,, tapi kamu sendiri udah makan belum nak,,(melihat kearah andre) (MCU)
Andre:udah kok buk andre tadi udah makan(terdiam sejenak)(MCU) padahal aku sebenernya belum makan tapi gak pp lah maafin andre ya buk andre udah bohong sama ibu (voc) (MCU)
Ketika ibu sedang sarapan tiba-tiba sakit ibu kumat dan ibu kesakitan
Ibu:(sambil memegang kepala lalu kesakitan) aduh,, andre kepala ibu sakit,, aduh (MCU)
Andre:(panik) ibu kenapa buk,, kepala ibu sakit lagi ya buk,, bentar ya buk andre ambilin obat ibuk dulu,, ibuk sabar ya buk,,(keluar kamar dan menuju lemari) (MEDIUM)
Andre:(membuka lemari) aduh mana ya obat ibu(sambil mencari)(FULL SHOT DAN MCU) nah,, ini dia obat ibu,, ya allah obat ibu tinggal 1 biji gimana ini,,(dengan wajah bingung)
Ibu:(menjerit memanggil andre) ndre,,, mana obat ibu nak,, ibu udah gak tahan lagi nak cepat mana obat ibu,,,(MCU)
Andre:(kaget lalu menutup pintu lemari) emhh,, iya buk ini obatnya,,(sambil mengambil obat menuju ke kamar ibu) (MEDIUM)
Ibu: cepat ndre,,, aduh (MCU)
Andre:(dengan tergesa-gesa) ini buk cepat di minum obatnya (sambil menyerahkan obat dan air minum kepada sang ibu) (MDIUM)
Ibu:(setelah meminum obatnya) makasih ya nak,, maaf ibu sudah merepotkan mu,, seharusnya ibu yang merawatmu tapi,,,, (MEDIUM)
Andre:(memotong pembicaraan sang ibu)huust,, ibu ini udah kewajaban andre sebagai anak ibuk,, jadi ya andre harus merawat ibu,, yaudah sekarang ibu istirahat ya,, andre mau keluar dulu sebentar(sambil membaringkan ibu ) (FS)
Ibu:(sambil berbaring) iya,, kamu mau pergi kemana ndre?? (memegang tangan andre) (FS)
Andre:(sambil melepas pegangan tangan ibunya) andre mau pergi sebentar buk,, nanti sebelum jam makan siang andre udah pulang dan membawa makan siang buat ibu,,,,
Ibu: yaudah kamu hati-hati di jalan ya nak,,
Andre:(sambil menjabat tangan sang ibu) iya buk yaudah andre pamit ya buk assalamualaikum,,(sambil mencium tangan sang ibu)
Ibu: iya waalaikumsallam


Take 3

Scane 1

 Setibanya di tempat tongkrongan alex pun menyapa teman-temanya
Alex: hy bro,,,,(sambil mengangkat tangan kananya dan sedikit senyum)
Teman: hy juga bro,,(menjawab serempak)
Alex: sori bro gue telat,,,,(menepuk salah satu bahu temanya)
Teman: alah gak papa bro santai aja kita juga baru dateng kok
Alex:emhh,, gue kira udah pada kumpul dari tadi,,,
Teman1: (menghampiri alex) oia lex, orang tua lo di rumah gak???
Alex: enggak bro orang tua gue pergi ke luar kota emangnya kenapa???
Teman1: gimana kalo male mini lo gak usah pulang ke rumah,, kita nginep di rumah gue aja???
Alex:(berfikir sejenak) gimana ya bro gue takut kena marah orang tua gue????
Teman1: alah orang tua lo kan gak di rumah, jadi gimana mau gak??
Alex: ok,, gue setuju ntar malem gue ke rumah lo,,,
Teman1:(sambil menepuk bahu dan tersenyum) nah gitu dong itu baru alex temen gue!!!!
 Karna bujukan dari temanya akhirnya alexpun mau untuk menginap di rumah temanya

Take 4

Scane 1

Andre pun pergi untuk mencari uang karna obat sang ibu sudah habis,,namun setelah mencari pekerjaan kesana kemari ia tidak mendapatkan nya dan waktupun sudah menjelang siang,andre pun kebinggungan untuk mencari pekerjaan akhirnya ia [un mempunyai inisiaitf untku menjadi penjambret di pasar agar dia cepat mendapat uang,
Andre:(duduk di bawah pohon)dari tadi aku udah muter-muter buat nyari pekerjaan tapi gak dapet juga,gimana ini ya mana udah siang lagi,,

Ketika andre sedang duduk melamun lewat lah dua orang perempuan yang berpakaian mewah lewat di depan andre sehingga muncul di fikiran andre untuk mencopet tas bawaan mereka,,

Perempuan:(berbincang-bincang dan lewat di depan andre)
Andre:(sambil melihat kedua perempuan itu) wah kayaknya mereka orang kaya,, pakaianya aja mewah gitu,,dari tadi gue gak dapetin pekerjaan mending gue copet aja tas mereka pasti banyak duitnya thu(lalu mengikuti kedua perempuan itu)
Ketika kedua perempuan itu sedang memilih-milih barang,, andre pun bergerak untuk mengambil dompet mereka yang ada di dalam tas
Perempuan:(sambil menawar pakaian) pak yang nie brapa????
Pedagang:(menghampiri perempuan) yang mana neng klo yg itu 50 rbu
Perempuan:(berdiskusi)
Melihat targetnya sdang sibuk berdiskusi andre pun melancarkan aksinya untuk mengambil dompet dri dlm tas mereka
Andre:(sambil mnoleh kana kiri) mumpung mreka lg sibuk gue ambbbbil ja dompetnya(sambil mengawasi keadaan dan mengambil dompet dlam tas)
Ketika ke2 perempuan itu sudah memilih dan ingin membayarnya mereka kebingungan karna dompetnya telah di curi oleh andre
Perempuan 1 :(membuka tas lalu terkejut dan kebingungan)loh,,,,,, dompet gw kemana perasan tadi udah gue masukin kedalem tas
Pedagang: gimana neng jadi gak???
Perempuan1: maaf pak kami gak jadi beli karna dompet saya di jambret orang pak,,,
Pedagang: oh iya neng,,

Scane 2

Setelah mendapatkan dompet kedua gadis tadi, andre pun segera membelikan obat dan makanan untuk ibunya lalu bergegas pulang karna hari sudah siang dan ibuknya belum makan siang,,,
Andre:(masuk rumah lalu ke dapur untuk menyiapkan obat dan makanan untuk ibunya dan membawanya ke kamar sang ibu) bu,,ini makan dulu trus di minum obatnya
Ibu:(bangun dari tidur)kamu udah pulang ndre,,
Andre:(meletakan makanan lalu berjabatan tangan ibunya) iya buk, oia ini buk andre udah siapain makanan sama obat nya ibu makan yah???
Ibu:(bingung)kamu dapat uang dari mana nak untuk membeli semua makanan ini???
Andre:(dengan gugup) emmmh,, itu buk ,tadi aku kerja buk untuk semua ini yaudah sekarang ibu makan yah
Ibu: iya
Setelah sang ibu makan akhirnya andrepun bahagia karna bisa membelikan ibunya makanan walaupun itu dari uang haram namun karna terpaksa oleh ekonomi andre pun melakukanya,,,

Take 5

Malam hari di rumah alex

Scane 1

Sementara itu alex yang sedang bersiap untuk pergi ke rumah temanya untuk nginep di sana sedang bingung apa dia akan pergi atau tidak,,
Alex:(duduk di ruang tamu) sebenernya aku thu punya orang tua gak si,, kenapa aku selalu sendirian kenapa mereka gak pernah ada buat aku,, aku gak butuh semua harta ini aku Cuma butuh mereka selalu ada buat aku,,,
Ketika andre sedang gundah hpnya pun berbunyi
alex:(menganbil hp lalu mengnakat telvon)halo,, iya bro ada apa,, iya ni gue lagi siap-siap ne tunggu bentar ya
  Sesampainya di tempat togkrongan,,,
Alex: hay brooo….(sambil berjabat tangan)
Teman1: weh akhirnya lo dateng juga udah lama gue nunggu lho
Andre:ya maaf bro tadi ada urusan bentar
Temen1: eh,, lho ikut gue dulu yuk,,
Alex: kemanaaa?
Temen1: udah ayo ikut aja,,,

Scane 2

  Alex dan temanya pun pergi menuju suatu tempat yakni tempat si ike Bandar narkoba untuk membeli narkoba
Temen1:(menepuk pundak alex) eh setop di depan situ ya karna itu tempat yang mau kita tuju???
Andre:(terkejut melihat tempat yang di tuju) ngapain kita kesini?
Temen1:(turun dari motor)udah ayo turun ikut aja,, buruan???

Scane 3

Lalu alex dan temanya pun masuk ke tempat itu di sana iya bertemu dengan ike dan membeli narkoba darinya
Temen1:(menghampiri ike dan bebicara berbisik) ehh,, gue bawa temen baru thu,, kasih gue barang yang bagus ya,,,,
Ike:(melihat kearah alex) ohhh ok,, tapi kayaknya dia anak baik-baik
Temen1:iya tapi dia korban dari kurang kasih sayang orang tuanya
(sambil menunggu ike menyiapkan barangnya)
Ike:(memberikan barang yang di minta) neh,, barangnya kayak biasa lho bayarnya ngutang dulu kan
Temen1:(tertawa kecil) hehehe ok thanks yah,,, (sambil berjalan ke arah alex)
Ike: ok,,,
 Akhirnya alex dan teman nya pun pulang ketika telah mendapatkan apa yang teman alex ingikan,,, ketika sampai di rumah,,,,
alex:(turun dari motor)eh tadi ada urusan apa lo sama dia kok kayaknya rahasia gitu,,,(wajah penasaran)
Temen1:(sambil merangkul alex dan mengajak masuk ke rumah) udah nanti gue kasih tau sekarang kita pulang aja dulu

Scane 4

Setelah di dalam rumah temanyan pun menunjukan apa yang tadi di beli olehnya tadi di tempat ike lalu alex pun terkejut melihat apa yang di bawa oleh temanya itu 
Temen:(menunjukan barangnya) nih,,yang gue beli dari tempat tadi,, lho harus coba karna ini gue beli khusus untuk lho
Alex:(melihat barang yang diberikan oleh temanya) apa ini,, wah gila lho yah,gak gue gak mau nyoba itu kan barang haram, gak gue gak mau,,
Teman1:(menghampiri alex) bro gue itu kasian sama lho karna lho itu selalu di tinggal pergi sama orang tua lho,, makanya gue mau bantu ngilangin rasa sedih lho itu,,
alex:(sambil berfikir)apa bener barang ini bisa bantu gue buat ngilangin rasa sedih gue,,, karna punya orang tua kayak gak punya orang tua,,,(sambil memegang barang itu)
temen: gue yakin bro makanya lho coba aja dulu,,,
alex: ok gue coba,,,
 akhirnya alex pun mencoba barang haram itu dan menjadi ketagihan terus menerus,,

Take 6

Scane 1

 sementara itu ike mengintai rumah alex.ia melihat situasi dan kondisi di rumah alex.
Ike: besok siang gua bakalan beraksi(berbalik badan

Take 7

Scane1

keesokan harinya di rumah alex,,,,,
alex:(kebingungan)aduh gue butuh barang itu lagi,,dimana y ague simpen barang itu,,(sambil mencari-cari)
dan pembantu sedang sibuk membereskan rumah,, lalu tiba-tiba ike dating
ike:(masuk ke dalam rumah )
pembantu:(kaget lalu berteriak) eh siapa kamu mau apa kamu datang kemari,,

Scane 2

ike:(ike beralih menuju kamar alex,sambil pembantu melihatnya)
pembantu:(berteriak sambil memanggil si alex) rampooook, rampoook, den alex ada rampok den
karna si alex sedang mabuk karna habis memakai narkoba dia pun tidak menghiraukan teriakan pembantunya itu,, dan ketika ike masuk ke dalam kamar alex dia melihat alex yang sedang terkapar tidak berdaya,,,
ike:(membuka pintu lalu menghampiri alex) hey,, lho kan cowok yang waktu itu dateng ke tempat gue waktu itu(sambil membuka penutup wajah)
alex:(alex melihat dengan senyap memperhatikan wajah ike)
Ike segera pergi meninggalkan alex
Alexpun akhirnya sadar dan iya pun keluar kamar,,namun ketika keluar kamar,alex terkejut melihat keadaan rumah yang berantakan lalu iya melihat pembantunya dalam keadaan terikat lalu iya membuka talinya
Alex:(terkejut)hah ada apa ini apa yang terjadi,,(menoleh kea rah di mana pembantu di ikat) hah bibik,, kenapa apa yang terjadi bik kenapa bibik terikat seperti ini dan kenapa rumah kita berantakan??? (dengan wajah penuh rasa heran)
Pembantu:(sambil ketakutan) aden rumah kita kerompokan den,,tadi bibik udah teriak manggil aden tapi aden tidak jugkeluar kamar dan akhirnya bibik di ikat seperti ini
Alex:(terdiam sejenak)berarti perempuan itu tadi yang merampok rumah gue,,,
  Alexpun menyesali perbuatanya dia menyesal kenapa dia harus mengenal barang haram itu lalu iya pun berjanji untuk tidak

Take 8

Scane 1 

 Sementara si alex sedang sedih dan telah bertaubat lin hal nya dengan andre yang tetap mencopet untuk memberi ibu nya makan dan membeli obat,,
Andre:(memegang dompet hasil curian) waahh,, sepertinya kali ini gue untung besar ni,,dan gue bisa beliin ibu daging ayam lagi ni ibuk pasti seneng(dengan wajah bahagia)

Scane 2

Keluar dari membeli makanan ia melihat seorang gadis dengan dandanan mewah dan Karena satu kali andre melakukan tidak tertangkap dia melakukan lagi

Andre :( mengikuti di belkang cewek tersebut,lalu lari dan menarik tas ike)
Ike : (bertriak)………copeeeettt….(ike berlari mengejarnya)
Alek melihst kejadian itu,dan melihat andre berlari.alex pun mengikuti andre

Alex : (menepuk bahu andre) lho yang tadi nyopet yaa….
Tiba tiba ike daaing
Ike : (santai) bawa sini dompet gue (menjalurkan tangan)
Alek melihat ike
Alex : (melihat ike) eh…. Elo kan cewek yang ngerampok rumah gua…
Ike : (kaget) ehhh… loe kan cowok yang beli barang  itu

Andre dengan terengah tengah tiba tiba batuk
Ike : loe sendiri kenapa nyopet dompet gua?
Andre : (suasana terdiam sejenak)gua nyopet kayak gini karna ibu gua,ibu gua sakit sakitan,gua gak tau lagi mau nyari duit dengan cara apa,gua udah cari kerja sana sini tp enggk dapet juga,terpaksa gua kerja kayak gini.
Alex : nasib loe gak jauh beda sama gua,gua korban dari kurangnya perhatian dari orang tua,emang gua orang punya tapi gua gak butuh itu semua,gua Cuma pengen orang tua gua selalu ada buat gua.
Ike : beda dengan gua,gua gak pernah ngerasain kasih sayang orang tua gua sejak gua lahir

Semua terdiam sejenak.lalu berdiri secara bersamaan

Alex: gimana kalo sekarang kita kerja sama mencari rejeki yang halal trus kita sumbangin ke anak yatim ungtungyna
Ike:(tersenyum) yap gua setuju gimana sama lho ndre???
Andre: iya gua setuju juga..

Akhirnya mereka pun sepakat untuk mencari rejeki yang halal lalu sebagian untungnya di sumbangkan ke anak yatim…..

The end


Nah sobat, itulah contoh skenario untuk penyutingan yang telah admin jelaskan, semoga bermanfa'at buat sobat yang membaca artikelnya terimakasih..

Selamat Belajar

Related Posts:

3 Responses to "Contoh Skenario Filem pendek untuk proses penyutingan"

  1. Thank ya min, banyak membantuu��

    ReplyDelete
  2. mas mohon ijin buat di angkat ceritanya bolehkah ?

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf apa cerita ini boleh saya garap

    ReplyDelete