Contoh Naskah Siaran Radio dan Belajar Menjadi Penyiar Radio

Naskah Siaran Radio

Dalam Siaran Radio tentunya Seorang pembawa acara atau pengisian Suara Membutuhkan Suatu Naskah, karna semua program telah disusun dan di rangkum kedalam naskah.
Naskah Radio menjadi Penyiar

Nah kebetulan sekali pada edisi kali ini admin akan memberikan kepada sobat tentang contoh Naskah Siaran Radio, Simak baik-baik yah sobat, Berikut ContohNya:



Nama radio: Radio Wijaya
Gelombang frekuensi: 93,7 FM
Nama penyiar: Aldi
Durasi: 1 jam
Segmen: Umum
Jam tayang:09.00 sd/ 10.00 wib
Program acara: Persahabatan

Assalamualaikum Wr. Wb
Apa kabar Sahabat Radio WIJAYA ?
Bareng lagi bersama saya Aldi disini di Radio WIJAYA 93,7FM Lampung
Heemm ,,, gimana ni kabar hari ini? pastinya tetap sehat dan semangat  kan?
Seperti biasa Aldi bakalan nemenin pagi kalian semua selama 1 jam kedepan. Dan seperti biasa juga dipagi ini Aldi akan menyediakan perbincangan-perbincangan hangat seputar remaja. Untuk kesempatan kali ini tema yang akan Aldi angkat adalah Tentang Persahabatan. Ohhhh iya,.. hampir saja lupa buat yang mau kirim-kirim pesan dan reques lagu bisa langsung ke lain sms di 0823xxxxxxxx
Baiklah gak usah ngomong panjang lebar lagi, mari kita masuk ke pokok pembahasan. Yaitu persahabatan.

Hemmmm apa sichhh persahabatan itu?

Kalo menurut saya pribadi, sahabat itu bagai embun pagi takkala matahari akan menyinari bumi. Merasakan ketika kebahagiaan datang menghampirinya, saya juga akan loncat kegirangan. Ketika dia bersedih dan luka, saya mampu mengeluarkan air mata dan meraskan bahwa betapa saya tidak ingin ia tersakiti. Merasakan kehangatan dan kenyamanan ketika bersama, saling berbagi cerita. Merasakan bahwa di setiap langkah ia ada dalam ingatan dan selalu ingin menyenangkan hatinya di mana pun ia berada.

Uuuuuchhhhn indah sekali bukan sebuah persahabatan itu…
Untuk itu untuk sahabat-sahabatku lagu special buat kalian.

Cherry belle: Best friend Forever.

Terima kasih, kakak-kakak cerry belle lagunya….,,
Yapsssss lanjut lagi untuk pembahasannya,.. kalau tadi kita sudah mendengarkan lagu best friend forever yang bagus bangget dari kakak cerry belle sekarang saatnya nichhhh kita dengarkan curhatan dari slah satu pendengar setia Radio Wijaya yang sudah calling-calling,. Okay calling kembali
Aldi:” hellooooooo”
Agung:” hellooooooo”
Aldi:” pendengar radio Wijaya93,7 fm lampung, dengan siapa dimana?”
Agung:” dengan Agung dari Purbo
Aldi:”owwwhhhhh Agung dari Purbo, gimana kabarnya hari ini sobat?”
Agung:” Alhamdulillah baik,.”
Aldi:” kak Agung, menurut agung apa sichhh arti sebuah persahabatan itu?”
Agung:” persahabatan itu adalah segalanya, karena sebuah persahabatan mendukung kesuksesan kita, makin menjalin persahabatan makin rezekinya juga.
Aldi:” gitu ya??? terus kak kasih tahu donk orang-orang yang berhasil menjadi sahabat kakak selama ini?”
Agung:” wahhhh kalo bicara tentang sahabatku pasti banyak banget, secara gitu gua kan anaknya baik,.. Gak lupa sama sahabat-sahabatku yang ada di lampung khususnya di sekolahan Smkn 01 negeri besar kelas XI Multimedia, ada Ridho, Makhfud, Suranto, dan temen magang setiaku yang berinisial ESR.
Aldi:” kenangan yang tak terlupakan selama bersama sahabat Agung apa saja ya?”
Agung:” kenangannya banyak banget, salah satunya waktu LDK yang dibimbing Kapolsek Negeri Besar, itu bakalan jadi kenangan terindah, karna disitu sedih, haru, canda tawa ada semua.
Aldi:”terima kasih Agung atas waktu dan kesempatannya, saya doakan  semoga selalu dikelilingi dengan sahabat yang baik”

    Oke, itu tadi dia sedikit perbincangan bersama Agung yang ada di purbo, EEEEeeee, dengerin lagu sudah , dengerin curhatan tamu juga sudah ,sekarang tiba saatnya buat baca-baca sms, waw langsung saja nichh dari siapa ya:

Oh rupanya dari Hani fitriana yang ada di waykanan lampung” titip salam donk buat sahabat-sahabatku di Smkn 01 negeri besar,.. semoga sukses selalu, dan jangan lupakan hani yaaaaa, hani sayang kalian selalu”
Ok terimakasih buat Hani fitriana yang ada di waykanan lampung
        Oky lanjut ke sms selanjutnya yaitu dari:

Ridho di Pemekaran “request lagu donk sobat dari bondan prakoso yang judulnya kita tuk selamanya, terima kasih”

        Terima kasih kembali Ridho,..  okay langsung saja Aldi Putarkan sebuah lagu yg telah di request oleh Ridho dengan lagunya bondan prakoso yang judulnya kita tuk selamanya.

Bondan (kita tuk selamanya)

ohhhhh gak terasa sobat sudah 50 menit Aldi nemenin kalian semua, untuk itu Sebelum Aldi tutup perbincangan pada kali ini, Aldi mohon ma’af bila terjadi kesalahan dalam tutur kata dan bahasa, oky saya Aldi Yang bertugas Mohon  pamit undur diri dari ruang dengar anda. saya akhiri wassalamualaikum Wr.Wb.


Nah Sobat, itulah Contoh Naskah Radio yang telah Admin berikan kepada sobat, Semoga Bisa lebih bermanfa’at.
Terima kasih..


    Selamat Belajar….)

Related Posts:

32 Responses to "Contoh Naskah Siaran Radio dan Belajar Menjadi Penyiar Radio"

  1. hallo bang aldi salam kenal ya aku asal medan mahasiswi semester 4
    makasi buat artikelnya bagus bangt
    rajin2 post ya bang

    ReplyDelete
  2. Hallo kak.
    Terima kasih artikelnya. Cocok banget buat saya yang lagi latihan menjadi penyiar radio.
    Bagus banget kak

    ReplyDelete
  3. Terima kasih buat naskah nya.. Saya sudah coba latihan" dirumah

    ReplyDelete
  4. Maksih bang aldi.smoga materinya bisa bermanfaat bagi kami semua yang mmbca amin

    ReplyDelete
  5. Bang, kalo contoh naskah siaran radio tentang nusantara atau informasi mengenai suatu daerah ada gak bang? Share dong bang kalo ada🙄

    ReplyDelete
  6. Kakak, kenalin saya lia. Naskahnya bagus banget kak, sumpah saya gak bisa ngungkapin kata kata lagi, itu bagus banget :) makasih ya kak naskah nya

    ReplyDelete
  7. Kakak, kenalin saya lia. Naskahnya bagus banget kak, sumpah saya gak bisa ngungkapin kata kata lagi, itu bagus banget :) makasih ya kak naskah nya

    ReplyDelete
  8. Makasih kak... kapan" share lagi ya...naskah bahasa jawa (saran)

    ReplyDelete
  9. Maksih kak. Kapan" share lagi ya kan...naskah bahasa jawa (saran)

    ReplyDelete
  10. Sya dikomen dosen sya katanya terlalu sering nyebutin nama tuh bang, emangnya pembukaannya nggak ckup buat nyebutin nama. Gtu ktanya, jdi kurangin nyebutin nama..

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum bang ..kalo radio Wijaya ada pembukaan job siaran gak ini bang

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum kak, mksih bnget buat naskahnya, tugas saya suruh bikin naskah siaran radio jdi mudah..mksih kakkk��

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. makasih kak, sangat bermanfaat. semoga semakin banyak postingan baru.

    ReplyDelete
  15. Hi kak Minta share buat prolong dong :)

    ReplyDelete
  16. Yg bicara ini aldi?

    Kalo menurut saya pribadi, sahabat itu bagai embun pagi takkala matahari akan menyinari bumi. Merasakan ketika kebahagiaan datang menghampirinya, saya juga akan loncat kegirangan. Ketika dia bersedih dan luka, saya mampu mengeluarkan air mata dan meraskan bahwa betapa saya tidak ingin ia tersakiti. Merasakan kehangatan dan kenyamanan ketika bersama, saling berbagi cerita. Merasakan bahwa di setiap langkah ia ada dalam ingatan dan selalu ingin menyenangkan hatinya di mana pun ia berada.

    ReplyDelete
  17. lagi iseng-iseng cari ginian buat nyerjain temen di discord malah ketemu nama gw jadi penyiarnya
    wokwkowkow

    ReplyDelete
  18. Kak makasih udah share ilmu nya boleh nggak request buat penyiar pagi biar tambah semangat & ilmu nya bertambah makasih kak.

    ReplyDelete
  19. Persahabatan yg sllu membuat kita menikmati kehidupan ini

    ReplyDelete
  20. Share dong untuk siaran malam dan acara apa yg bagusnya

    ReplyDelete
  21. Hallo ka adi:) aku windi, terimakasih artikelnya. Naskahnya detail banget ka.

    ReplyDelete
  22. Heloo saya rafika. Baru baru ini saya ingin sekali belajar untuk jadi penyiar radio teruntuk pemula Terima kasih ia kk aldi teksnya sangat membantu. Do'ain ia semoga kedepanya saya bisa.

    ReplyDelete